Sabtu, 07 April 2018 | 01:01 WIB

Jelang Seri 1 Yamaha Sunday Race 2018

Kelas Komunitas YSR Jadi Ajang Adu Knalpot, Tim Ravens15 Gandeng Proliner

afreireas wijawan
Kelas Komunitas YSR Jadi Ajang Adu Knalpot, Tim Ravens15 Gandeng Proliner Tim Ravens15, (kiri-kanan) Imam Fajarie, Naufal Ali, Dzakhwan Roofied dan Reza Permadi. Ingin pertahankan gelar juara umum Sport 150cc Comm A dengan sokongan Proliner

Sentul, wartamotor - Ketatnya regulasi kelas komunitas di gelaran balap satu merk Yamaha Sunday Race (YSR) jadi ajang perang produsen knalpot nasional. Dengan pembatasan modifikasi mesin dan elektronik, pelepas gas buang jadi andalan untuk mendongkrak tenaga motor-motor sport Yamaha generasi R Series.

Ini juga yang mempertemukan produsen knalpot papan atas nasional, Proliner, dengan Komunitas Ravens15. Keduanya sama-sama ingin memberi bukti tangguh.  Di seri 1 YSR 2018, tim komunitas Ravens15 menggandeng Proliner sebagai penyokong knalpot di pacuan R15 mereka.

“Balapan komunitas memang menarik. Kami juga ingin memberi kesempatan pembalap komunitas merasakan kemampuan knalpot Proliner. Apalagi, Yamaha Sunday Race kan balap satu merk. Jadi, akan terlihat  kualitas knalpot di mesin yang sama,” buka Achib Putro, manajer marketing PT. Enwan Multi Partindo, distributor knalpot Proliner

Cocok...! Sejalan dengan harapan tim Ravens15 yang sudah cukup punya prestasi di arena YSR sejak 2015 hingga tahun lalu. “Selama ini, kami lihat pembalap kelas kejurnas sudah buktikan keandalan knalpot Proliner. Banyak juara pakai Proliner. Sudah lama kami ingin pakai Proliner. Makanya, kami bangga, saat ini dipercaya mencoba knalpot Proliner untuk balap khusus komunitas R Series di Yamaha Sunday Race,” ungkap Imam Fajarie, ketua umum Ravens15 yang juga turun di kelas Sport 150cc Comm B.

Diakui Imam dan Achib, kerjasama antara Ravens15 dan Proliner sangat mendadak. Spontan, uhuy! Soalnya, cuma berjarak seminggu sebelum seri perdana YSR 2018 digelar, 7-8 April ini. “Jadi, untuk seri perdana ini, kami belum membuatkan knalpot khusus sesuai spek mesin kelas Sport 150cc Comm A dan Comm B. Ke depannya, kami akan siapkan knalpot khusus balap untuk kelas komunitas,” bilang Achib.

Proliner TR1 Pro Ravens15 Knalpot Proliner TR1 Pro jadi akan disesuaikan untuk spek mesin balap komunitas.

Toh ini bukan halangan buat mekanik tim Ravens15, Radityo ‘Radut’ Wibisono. “Harapannya, kami bisa dapat spek khusus sesuai regulasi mesin kelas komunitas. Pasti joss! Tapi, dengan yang ada ini, kami berusaha memaksimalkan seting mesin dengan knalpot Proliner R15 TR1 Pro,” ungkap Radit yang juga juara umum kelas Comm A YSR 2015 dan 2017. Tahun ini, doi istirahat balap, lantaran mau nikah. Selamat, Bro!

Di seri 1 YSR 2018 ini, Ravens15 diperkuat 5 pembalap. Yaitu, Reza Reinaldi, Dzakhwan Roofied, dan Rocky Permadi di kelas Sport 150 Comm A. Juga Imam Fajarie dan M. Naufal Ali di kelas 150 Comm B. Roofied dan Reza dijagokan untuk melanjutkan sukses Radit. Reza Reinaldi yang asal Tasikmalaya, baru bergabung tim Ravens15 tahun ini. Sementara, Roofied adalah peringkat ketiga klasemen akhir kelas Sport 150cc Comm A 2017.

“Di Comm B, Naufal pembalap baru kami. Dia benar-benar mau belajar balap, dari nol. Ravens15 juga pengin menjembatani bikers yang pengin mencoba balap dengan benar dari persiapan hingga balap. Saya harap, dengan ikut balap Yamaha Sunday Race, Naufal bisa jadi biker yang bertanggung-jawab,” pungkas Imam.

Klop! Kejar prestasi dan edukasi! (Afreireas Wijawan)


Artikel Terkait: