Rabu, 21 Maret 2018 | 10:41 WIB

Ramalan Benny Djatiutomo dan Ibnu Sambodo Mendekati Kenyataan

Tercepat di Tes Pra-Musim, Galang Hendra Pratama Kandidat Juara Dunia World Supersport 300

afreireas wijawan
Tercepat di Tes Pra-Musim, Galang Hendra Pratama Kandidat Juara Dunia World Supersport 300 Aksi Galang Hendra Pratama saat tes pra-musim di Aragon bikin dirinya langsung jadi kandidat juara dunia WSSP300. (yamaharacingindonesia)

Berita bagus dibawa Yamaha Racing Indonesia Ramalan. Kabar ini mendekati ramalan Benny Djatiutomo dan Ibnu Sambodo. Dua mekanik balap papan atas Indonesia memprediksi Galang Hendra pembalap Indonesia pertama juara di level dunia.

Prediksi Benny Djatiutomo dan Ibnu Sambodo ini muncul setelah melihat dua hasil yang diraih Galang Hendrasaat ikut sebagai wild card di serial World Supersport 300 (WSSP300), salah satu kelas di kejuaraan dunia World Superbike. Saat balap di sirkuit Portimao (Portugal), Galang memang gagal finish setelah tampil gemilang. Tapi, saat ikut balapan WSSP300 di Jerez, pembalap yang sering disebut inisialnya GHP itu, menunggangi Yamaha R3 langsung juara!

Ketika itu, Benny Djatiutomo pun berucap, “WSSP300 kelas yang baru di WorldSBK. Sekilas saya lihat, pembalap di kelas itu juga masih muda. Tim-timnya pun masih meraba dan mencari bentuk motor terbaiknya. Meski saya  akui, R3 cukup dominan.”

Sementara, Ibnu Sambodo berkomentar, “Memang masih menunggu hasil balapnya. Tapi peluangnya juara sangat besar. Di WSSP300, motor Yamaha R3 mendukung skil Galang.”

Nah, ramalan itu mendekati nyata ketika Yamaha Racing Indonesia merilis kabar pencapaian GHP saat ikut sesi tes pra musim di sirkuit Aragon (Spanyol), 16-18 Maret lalu. Lewat rilis dari Yamaha Racing Indonesia, disebutkan, anak pasangan Dicky Hestu Prahendra dan Desy Prasanti itu mencetak waktu tercepat untuk 1 lap.

Galang berhasil mencetak best-lap 2 menit 11,331 detik, tercepat dari 30 peserta tes. Sebagai pembanding, musim lalu, rekor best-lap WSSP300 di Aragon yang dicetak P. Grassia dari tim 3570 Made in CIV Kawasaki  2 menit 12,712 detik. Artinya, GHP yang menunggang R3 racikan tim Yamaha MotoX Racing, 1 detik lebih cepat dari rekor WSSP di Aragon musim lalu.

GHP benar-benar gemilang dan langsung jadi perhatian sebagai kandidat juara dunia WSSP300 2018. "Saya senang banget dengan hasil pre-season ini. Secara keseluruhan hasil tesnya bagus. Setiap sesi saya dapat kemajuan. Yang terpenting, saya mulai mengenal sirkuit dan mendapatkan ritmenya. Hasil ini membuat saya yakin untuk seri pertama bersama dengan tim," ucap Galang Hendra.

Pengujian WSSP00 tersebut melibatkan lebih dari 30 pembalap. Berlangsung dalam beberapa sesi. Setiap sesi 30 menit. Tiga hari tes, hanya hari pertama yang efektif dengan  5 sesi. Hari ke-2 kondisinya hujan deras dan hari ke-3 temperatur udara rendah dengan angin kencang. (Afreireas Wijawan/Yamaha Racing Indonesia)


Artikel Terkait: